Alur Tujuan Pembelajaran (ATP) Teknik Elektronika Elemen Penerapan
Rangkaian Elektronik Fase : F
@Iyon manakarra
A. IDENTITAS.
| Satuan Pendidikan           : SMK Negeri 1 Tapalang. Bidang Keahlian              :
  Teknologi Manufaktur dan Rekayasa. Program Studi Keahlian   : Teknik Elektronika. Mata Pelajaran                 : Kejuruan Teknik Elektronika Industri. Fase                                  : F. Elemen                             : Penerapan
  Rangkaian Elektronika Tahun Pelajaran               : 2022/2023. Kelas / Semester              : XI / Gansal Jumlah jam Pelajaran       : 144 JP @ 45 Menit Penyusun                          :
  Team Teaching Teknik Elektronika Industri  -       
  Wiyono, S.ST., Gr. -       
  Supriadi Aco, S.Pd.   -       
  Indriani Nur Hiyahara, S.Pd., Gr. -       
  Sherly Ardina, S.Pd. | 
B.     
CAPAIAN PEMBELAJARAN
FASE F.
        Sedikit
pejelasan sahabat mekatronika manakarra dengan berdasarkan salinan
kepmendikbudristek No.56 tentang pedoman penerapan kurikulum diuraikan bahwa Capaian
Pembelajaran (CP) merupakan kompetensi pembelajaran yang harus dicapai
peserta didik pada setiap fase, dimulai dari Fase Fondasi pada PAUD. Untuk
Pendidikan dasar dan menengah, CP disusun untuk setiap mata pelajaran.
| Pada akhir fase F,
  peserta didik dapat Pada akhir fase F, peserta didik mampu memahami penerapan
  rangkaian elektronika, sistem kendali elektronik, pemrograman sistem
  embedded, antarmuka dan komunikasi data, sistem kendali industri, serta
  pemeliharaan dan perbaikan peralatan elektronika industri. | 
C. CAPAIAN PEMBELAJARAN BERDASARKAN ELEMEN.
Berikut adalah elemen per Capaian pembelajaran : 
| ELEMEN | CAPAIAN
  PEMBELAJARAN | 
| 1.    
  Penerapan Rangkaian Elektronika | Pada akhir fase F, peserta didik
  mampu: menganalisis penguat diferensial; mengevaluasi penguat operasional;
  membandingkan rangkaian analog to digital (ADC) dan digital to analog (DAC);
  menerapkan filter aktif; menganalisis pembangkit gelombang; menerapkan
  rangkaian digital; menerapkan elektronika daya; menerapkan catu daya; dan
  mengevaluasi sumber energi terbarukan. | 
D.      TUJUAN PEMBELAJARAN.
Tujuan pembelajaran adalah deskripsi pencapaian tiga aspek kompetensi, yakni pengetahuan, keterampilan, dan sikap, yang diperoleh murid dalam satu atau lebih kegiatan pembelajaran. Tujuan pembelajaran disusun dengan memperhatikan kemungkinan pengumpulan bukti yang eviden, artinya dapat diamati dan diukur melalui asesmen, sehingga murid dapat dipantau ketercapaiannya atas tujuan pembelajaran tersebut. Penulisan tujuan pembelajaran sebaiknya memuat 2 komponen utama, yaitu kompetensi dan lingkup materi.
| ELEMEN | CAPAIAN PEMBELAJARAN | KOMPETENSI | KONTEN | 
| 1.    Penerapan Rangkaian Elektronika. 
 (72
  JP) | Pada akhir fase F, peserta didik
  mampu: menganalisis penguat diferensial; mengevaluasi penguat operasional;
  membandingkan rangkaian analog to digital (ADC) dan digital to analog (DAC); menerapkan
  filter aktif; menganalisis pembangkit gelombang; menerapkan rangkaian
  digital; menerapkan elektronika daya; menerapkan catu daya; dan mengevaluasi
  sumber energi terbarukan. | 1.     Menganalisis penguat diferensial
  dan Mengevaluasi Penguat operasional; 2.     Membandingkan Rangkaian analog to
  digital (ADC) dan digital to analog (DAC); 3.     Menganalisis Pembangkit gelombang; 4.     menerapkan Rangkaian Filter aktif; Digital;
  Elektronika daya; dan Catu daya; 5.     Mengevaluasi Sumber energi
  terbarukan. | 1.    
  Karakteristik Rangkaian Oprational Ampflifier; 2.    
  ADC dan DAC; 3.    
  Pembangkit gelombang; 4.    
  Rangkaian Filter aktif,  digital, Rangkaian catu daya, dan
  elektronika daya; 5.    
  Sumber energi terbarukan. | 
E. ALUR TUJUAN PEMBELAJARAN
        Didalam
Alur tujuan pembelajran Guru dapat menyusun Alur Tujuan Pembelajaran
masing-masing menyesuaikan dengan konteks dan kebutuhan peserta didik  di kelas yang diampu, dengan berpatokan
pada panduan untuk penyusunan perangkat ajar, sehingga dapat dijadikan
referensi dalam mencapai capaian pembelajaran
| ELEMEN | TUJUAN PEMBELAJA-RAN | INDIKATOR KETERCA-PAIAN | MATERI | DIMENSI PROFIL PELAJAR
  PANCASILA | MODUL | ALOKASI WAKTU 
 | 
| 1.  Penerapan Rangkaian Elektronika 
 (72 JP) | 1. Peserta didik dapat menganalisis penguat diferensial
  dengan benar;  | Menguji
  karakteristik rangkaian penguat diferensial; | -  Pengertian penguat operational  -  Rangkaian Inverting,  -  Rangkaian Non-Inverting,  -  Rangkaian Diferenstial,  -  Rangkaian Comparator. | -  Beriman, bertakwa
  kepada Tuhan Yang Maha Esa -  Mandiri -  Bernalar kritis -  Kreatif | Modul
  1 | 8
  JP @ 45 menit. | 
| 2. Peserta didik dapat Mengevaluasi Penguat operasional
  dengan benar; | Menguji
  karakteristik rangkaian penguat operasional (OP Amp.) | -  Aplikasi Rangkaian Sederhana Penguat operational. (Lampu
  taman otomatis) 
 
 | -  Beriman, bertakwa
  kepada Tuhan Yang Maha Esa -  Mandiri -  Bernalar kritis -  Kreatif | Modul
  1 | 8
  JP @ 45 menit. | |
| 3.
  Peserta didik
  dapat membandingkan Rangkaian analog to digital (ADC) dan digital to analog
  (DAC) dengan tepat; | Membedakan
  karakteristik Rangkaian analog to digital (ADC) dan digital to analog (DAC). | -  Rangkaian analog to digital (ADC), -  Rangkaian digital to analog (DAC). | -  Beriman, bertakwa
  kepada Tuhan Yang Maha Esa -  Mandiri -  Bernalar kritis -  Kreatif | Modul
  1 | 16
  JP @ 45 menit. | |
| 4.
  Peserta didik dapat
  menganalisis Pembangkit gelombang dengan benar; | Menjelaskan
  rangkaian Pembangkit gelombang. | -  Rangkaian pembangkit gelombang. | -  Beriman, bertakwa
  kepada Tuhan Yang Maha Esa -  Mandiri -  Bernalar kritis -  Kreatif | Modul
  1 | 8
  JP @ 45 menit. | |
| 5.
  Peserta didik dapat
  menerapkan Filter aktif; Rangkaian digital; Elektronika daya; dan Catu daya
  dengan baik; | Membuat
  rangkaian Filter aktif, catu daya, rangkaian digital dan elektronika Daya. 
 | -  Rangkaian Filter aktif, -  Rangkaian digital, -  Rangkaian Elektronika daya, -  Rangkaian Catu daya. | -  Beriman, bertakwa
  kepada Tuhan Yang Maha Esa -  Mandiri -  Bernalar kritis -  Kreatif | Modul
  1 | 24
  JP @ 45 menit. | |
| 6.
  Peserta didik
  dapat mengevaluasi Sumber energi terbarukan dengan baik. | Menjelaskan
  Sumber energi terbarukan. | -  Sumber Energi terbarukan. | -  Beriman, bertakwa
  kepada Tuhan Yang Maha Esa -  Mandiri -  Bernalar kritis -  Kreatif | Modul
  1 | 8
  JP @ 45 menit. | 
                                                                                                               Mamuju, 12
juli 2022
Mengetahui                                                                                          Penyusun
Kepala
SMK N 1 Tapalang                                                                Ketua Program keahlian TEI
HIDAYAT, S.Pd., M.Pd WIYONO, S.ST., Gr.
NIP : 19770210 200901 1 006 NIP : 19870205 201012 1 006
Sumber : SMKN1Tapalang//TeknikElektronikaIndustri//AlurTujuanPelajaran//Wiyono, S.ST.,Gr.
@iyon manakarra

 
terimaskih pak..!
BalasHapus